Tips Hamil

Selasa, 24 Juni 2014

Kue Dumbek Yang Nikmat dan Khas Di Tuban

Pernahkah Anda mendengar nama Dumbek ? Tentu di antara kita ada banyak yang belum tahu dan mendengar tentang nama itu. Karena Dumbek memang jarang ada di daerah lainnya selain di Tuban - Jawa Timur.




Dumbek adalah nama kue tradisional yang nikmat dan khas di Tuban. Kue ini terbuat dari bahan-bahan yang sederhana berupa tepung beras, santan kelapa dan gula jawa  yang direbus. Rasanya manis dengan tekstur yang kenyal tapi tetap lembut seperti jenang.


Yang menarik, Dumbek dikemas dengan bentuk yang unik karena menyerupai terompet atau contong. Untuk memakannya harus dengan membuka gulungan terompet atau contong itu.



Kemasan Dumbek juga unik dan khas karena menggunakan lembaran daun lontar ( siwalan ). Karena itu, tak heran jika pada kue Dumbek ini ada sensasi bau harum ala bau daun Lontar.



Kue Dumbek biasa dijual di pasar-pasar di Kota Tuban. Ada juga yang menjualnya secara berkeliling dengan harga Rp 1000 - Rp 1.500 per buahnya.


Kue Dumbek ini umumnya dibuat oleh warga yang tinggal di daerah Tunah, kecamatan Semanding yang berjarak sekitar 5 km arah timur dari kota Tuban. 


Mereka membuat kue Dumbek itu pada pukul 15.00 dan menjualnya pada esok harinya. 
Di daerah Tunah dan sekitarnya memang banyak terdapat pohon Siwalan.


Selain diambil dan dijual buahnya serta digunakan daunnya untuk membuat Dumbek, pohon Siwalan itu juga disadap bunganya sebagai bahan alami minuman Legen yang nikmat dan segar.





Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar