Tips Hamil

Minggu, 29 Juni 2014

Takjil Bongko Kopyor Yang Khas Di Gresik

Ada beraneka kue atau jajanan tradisional di nusantara  . Tetapi untuk kuliner  yang satu ini cukup unik karena mungkin jarang dijumpai di daerah lainnya. Selain itu, kue ini juga hanya dijual pada saat bulan Ramadhan saja. Walau hanrganya cukup mahal dan banyaknya pedagang yang menjualnya, tetapi kue ini tetap laris manis diserbu oleh para penikmatnya.



Begitulah keunikan dari kuliner Bongko Kopyor yang berasal dari daerah Gresik - Jawa Timur.  Pada bulan puasa, Bongko Kopyor banyak dijual oleh para pedagang musiman yang membuka dagangannya pada sore hari sambil menunggu datangnya waktu berbuka puasa. 



Salah satu sentra berjualan Bongko Kopyor itu adalah di kawasan jalan Gresik Kota Baru ( GKB ). Mereka berjualan Bongko  Kopyor ini dalam tatanan keranjang di meja atau langsung ditempatkan dengan alas pada motornya.



Entah kenapa, kuliner ini dinamakan Bongko Kopyor karena banyak perbedaan dengan jenis Bongko lainnya. Selain kemasan yang menggunakan daun pisang dan harum baunya khas Bongko, penampilan bubur Kopyor ini berbentuk cair. Bahan pembuatnya pun bukan dari tepung atau beras, tetapi hanya berupa bubur mutiara, roti, irisan buah pisang, serutan daging kelapa muda dan kuah santan yang manis.


Sepintas, Bongko Kopyor ini justru lebih mirip seperti kolak pisang dan hanya berbeda isinya saja.Harga per bungkus Bongko Kopyor dijual Rp 6.000. Terasa cukup mahal karena isinya yang sangat sedikit dan tidak menyenangkan. Cukup mahalnya Bongko Kopyor itu mungkin karena penjualnya mengambil margin laba yang cukup banyak.



Hal ini diakui oleh salah satu penjual Bongko Kopyor yaitu Mieke (22 ) yang setiap tahun berjualan Bongko Kopyor di GKB. Wanita ini senang berjualan Bongko Kopyor secara musiman karena keuntungan yang bisa didapatkan cukup tinggi.


Tentang tingginya laba yang dia dapatkan itu, Mieke beralasan karena Bongko Kopyor yang dia jual itu merupakan barang kulakan yang tidak boleh kembali ke pembuatnya jika tidak habis atau masih ada sisa pada saat itu, sehingga menjadi resiko penjualnya. Mieke sendiri dalam sehari biasa kulakan 150-200 bungkus Kopyor dan senantiasa habis.Bongko Kopyor itu sendiri umumnya dibuat oleh warga yang tinggal di daerah Manyar, yang berjarak sekitar 10 km dari Kota Gresik.  




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar