Tips Hamil

Senin, 02 Juni 2014

Indahnya Celengan Kuno Peninggalan Masa Kerajaan Majapahit


Budaya dan kebiasaan menabung ternyata sudah ada dan berkembang sejak jaman dulu. Hal ini bisa dibuktikan dengan ditemukannya banyak celengan dalam berbagai bentuknya di berbagai dunia. Di antaranya adalah ditemukannya beberapa celengan pada masa Kerajaan Majapahit.


Celengan-celengan itu terbuat dari tanah liat dan bernuansa klasik. Ada yang berbentuk satwa, wajah manusia, bundar dan sebagainya. Aneka celengan kuno itu merupakan koleksi Museum Majapahit yang berada di daerah Trowulan , Mojokerto , Jawa Timur.


 Cukup menarik menyimak celengan-celengan kuno yang berwarna coklat kehitaman itu itu. Walau tampak kasar dan tidak berwarna karena masih belum adanya cat pewarna saat itu, tetapi indahnya detail dan ornamen di celengan itu sudah menunjukkan betapa indahnya peradaban saat itu.



Untuk celengan yang berbentuk satwa ada yang berupa satwa gajah, kuda, babi besar, babi kecil dan sebagainya. Untuk celengan jenis ini keadaannya masih utuh dan terawat dengan baik. 
 

Tak disangka, ternyata celengan dengan bentuk Babi ternyata juga sudah ada sejak masa lampau dan masih bertahan hingga saat ini.



Berbeda halnya dengan celengan dengan ornamen wajah manusia. Untuk celengan jenis ini keadaannya sudah tidak utuh lagi dan hanya menyisakan bagian ornamen kepala dan wajahnya saja. Entah benar atau tidak, salah satu celengan dengan wajah manusia ini ada yang wajahnya cukup dikenal dalam buku pelajaran sejarah karena dianggap sebagai penggambaran wajah Patih Gajah Mada saat itu.


Ada juga celengan yang berbentuk bundar dengan kondisi yang masih utuh dan minim ornamen. Di bagian lainnya terdapat koleksi aneka gerabah yang juga terbuat dari tanah liat. 




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar