Tips Hamil

Senin, 16 Juni 2014

Suasana Jelang Bulan Ramadhan Di Makam Sunan Bonang

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam menjelang bulan Ramadhan. Salah satunya adalah  dengan tradisi dan budaya berziarah ke makam-makam keluarga, ulama, dan sebagainya. Begitu pula halnya dengan suasana yang tampak di kawasan wisata religi makam Sunan Bonang yang berada di pusat kota Tuban - Jawa Timur.


Berbeda dengan hari-hari biasa, menjelang bulan Ramadhan ini ada peningkatan jumlah pengunjung yang sangat banyak di Makam Sunan Bonang. Melimpahnya peziarah itu juga tampak dari banyaknya kendaraan bis wisata peziarah yang parkir di luar tempat parkir bis wisata seperti di jalanan sekitar alun-alun Kota Tuban.


Selain itu juga tampak dari banyaknya pengayuh becak yang hilir mudik seolah berebut untuk mengantarkan para penumpangnya dari tempat parkir wisata ke lokasi makam Sunan Bonang atau sebaliknya.



Tradisi berziarah ke makam Sunan Bonang jelang Ramadhan ini bisa dipastikan terjadi secara rutin setiap tahunnya hingga akhir menjelang Ramadhan. Para pedagang yang mempunyai toko atau kios di sana tentu mendapatkan berkah melimpahnya pengunjung itu dengan larisnya dagangan mereka.

 


Sebaliknya, pada bulan Ramadhan, makam Sunan Bonang tampak akan sepi sekali. Memang masih ada beberapa pengunjung yang datang berziarah. Tetapi jumlahnya pun masih bisa dihitung dengan jari. 


Karena sepinya pengunjung pada bulan Ramadhan, tak heran jika banyak pedagang yang lebih memilih libur dan tidak membuka usaha toko atau kiosnya.


Usai Ramadhan dan Hari Raya Lebaran, makam Sunan Bonang ini biasanya akan kembali ramai lagi didatangi oleh para peziarah. 



Terlebih dengan lokasinya yang berada di pusat kota Tuban dengan banyak destinasi wisata di sekitarnya, menjadikan Makam Sunan Bonang ini juga ramai ddidatangi oleh para peziarah dan wisatawan.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

2 komentar:

  1. Ass.. artikelnya menarik, dan saya mao tanya infonya klo pedagang baju batik di lorong gang menuju maqam sunan bonang.. bukanya dari jam brp yah..

    BalasHapus
  2. menarik sekali apa yang gan suguhkan dalam posting ini.
    mantap.
    kunjungi wisata di ranah minang Sumatra Barat

    BalasHapus