Tips Hamil

Senin, 09 Juni 2014

Pesona Sejuta Misteri Di Candi Brahu, Trowulan

Candi yang aneh dan misterius, begitulah ungkapan yang tepat diberikan pada Candi Brahu. Candi ini merupakan salah satu situs jejak Kerajaan Majapahit. Lokasinya berada diDukuh Jambu Mete Desa Bejijong  yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari jalan raya Trowulan - Jombang.



Ada sejuta misteri dan tanda tanya saat berkunjung ke candi Brahu. Dari kejauhan tampak bangunan yang berwarna merah bata berdiri menjulang dengan kokohnya. Sepintas bentuknya seperti candi Jabung yang berada di Probolinggo.



Tetapi ternyata ada banyak perbedaan pada candi Brahu. Di bagian tengahnya terdapat sebuah lubang yang berbentuk kotak. Sedangkan di bagian atasnya pada beberapa sisinya terdapat semacam panel yang sudah tidak jelas lagi bentuknya. Biasanya pada panel itu terdapat ornamen berupa relief  Kala.



Di bagian bawah lubang itu ada tangga yang menghubungkannya tetapi terpasang papan bertuliskan larangan untuk menaiki tangga itu. Yang menarik, di bagian atas tangga itu  terdapat sesajian berupa dupa, aneka bunga dan makanan yang dibungkus dengan daun pisang .

 

Sesajian itu merupakan aktifitas rutin warga setempat yang ada keyakinannya berkaitan dengan Candi Brahu. Tak jauh dari Candi Brahu pada lapangannya yang berrumput juga terdapat sebuah sumur kuno dengan terdapat patung di sampingnya. Di dekatnya juga terdapat sesajian yang serupa.



Candi Brahu berukuran panjang sekitar 22,5 m, lebar 18 m, dan tinggi  20 meter. Terbuat dari batu bata merah dengan menghadap ke arah barat.Candi dibangun dengan gaya dan aliran Budhisme yang diperkirakan dibangun pada abad ke-15. Ada yang berpendapat Candi Brahu dibangun sebagai tempat pembakaran jenazah ( krematorium ) para raja. 


Tetapi pendapat itu dinilai kurang kuat karena tidak ditemukannya jejak-jejak abu jenazah pada bilik Candi saat dilakukan pemugaran candi ini pada tahun 1990 hingga 1995 yang hingga kini masih menjadi  jejak misteri di Candi Brahu.


Tetapi pendapat itu dinilai kurang kuat karena tidak ditemukannya jejak-jejak abu jenazah pada bilik Candi saat dilakukan pemugaran candi ini pada tahun 1990 hingga 1995 yang hingga kini masih menjadi  jejak misteri di Candi Brahu.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar