Tips Hamil

Selasa, 10 Juni 2014

Rumah Masa Kerajaan Majapahit di Trowulan

Rumah itu tampak biasa dan sederhana karena hanya terbuat dari kayu dengan susunan batu bata sebagai pondasi dan lantainya. Tetapi walau sederhana, rumah itu tentu sudah tampak istimewa jika dilihat pada masanya yaitu masa Kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan besar di Pulau Jawa pada masa lampau.


Rumah kuno itu merupakan rekonstruksi dari rumah masa Kerajaan Majapahit dan menjadi koleksi di Museum Majapahit, Trowulan. Koleksi itu ditempatkan pada bagian belakang museum bersama dengan koleksi lainnya berupa arca, prasasti, relief, batu angka tahun dan sebagainya. 


Cukup menarik menyimak rumah itu. Selain didominasi oleh batu bata, ada juga panel berbentuk kotak-kotak dengan susunan batu kerakal ( batu kerikil yang berukuran besar )di dalamnya. 


Mungkin formasi itu berfungsi seperti lantai agar tidak becek di bagian luar rumah pada musim hujan dan menyerap debu pada musim kemarau. 

 

Bangunan rumah hasil rekonstruksi ini berdenah segi empat dengan ukuran panjang 5,2 m dan lebar 2,15 m. Di bagian samping rumah juga tampak gentong yang terbuat dari tanah liat dan tungku kecil untuk dapur.


Rekonstruksi rumah Majapahit itu merupakan karya Osrifoel Oesman, seorang arsitek yang juga arkeolog. Proses rekonstruksi rumah itu didasarkan pada temuan sisa-sisa pondasi pada situs pemukiman yang berada di sebelah selatan Museum Majapahit. 


Yang menarik, dalam reruntuhan situs pemukiman tersebut ditemukan pula artefak khas yang biasanya terdapat di sebuah situs pemukiman, seperti jobong, jambangan, mata uang, celengan, bubungan dan sebagainya. 



Walau hanya berupa rumah rekonstruksi, tetapi rumah itu bagaikan Sebuah jejak peradaban yang mengagumkan  dari masa Kerajaan Majapahit.





Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar