Tips Hamil

Rabu, 25 Juni 2014

Uang Kepeng Kuno Tiongkok Di Kota Tuban


Uang logam itu tampak aneh dan tak biasa. Ada lubang kecil yang berbentuk kotak di bagian tengahnya. Selain itu, pada salah satu sisinya terdapat tulisan dalam huruf Tiongkok. Ada di antara kita yang menyebut uang dengan bentuk  seperti itu dengan nama uang Kepeng.


Uang Kepeng itu merupakan salah satu koleksi uang logam kuno di Museum Kambang Putih di Kota Tuban - Jawa Timur. Koleksi itu ditempatkan dalam etalase kaca pada ruangan Numismatik.


Dalam lembaran informasinya, disebutkan bahwa uang Tiongkok itu dibuat pada masa Dinasti tsung Abad ke 10-13 Masehi.  Sebagai ciri khas uang Tiongkok kuno adalah tidak berangka tahun dan  tidak disebutkan  nilai nominalnya.



Sedangkan tulisan dalam huruf China itu berbunyi Yong ( selamanya ), Yue / Lok  ( senang / musik ), Wang ( Raja / Dinasti ) dan Tsung ( nama Raja ).


Selain uang kepeng, di museum itu juga menyimpan uang tembaga masa kolonial Belanda yang dikenal dengan nama Uang VOC karena pada salah satu sisinya terdapat lambang VOC atau Kongsi Perdagangan Hindia Timur (Vereenigde Oostindische Compagnie ). Uang itu dibuat pada era tahun 1770. Karena terbuat dari bahan tembaga, uang VOC itu berwarna oranye. Berbeda dengan uang kepeng yang berwarna putih kehitaman.


Sayang, banyak di antara uang logam kuno itu yang keadaannya seperti tidak terawat karena banyak terdapat lapisan kerak dan jamur. Sehingga warnanya ada yang berubah menjadi hijau tosca.


Yang menarik, koleksi uang kuno itu ditata sedemikian rupa sehingga membentuk formasi huruf VOC, tahun 1770 dan lambang Swastika.


Keberadaan uang logam itu menjadi jejak sejarah perdagangan di daerah Tuban pada masa lampau  
 



Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar