Tips Hamil

Rabu, 18 Juni 2014

Patung Legenda Kwan Kong Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Patung itu sangat indah sekali. Menggambarkan sosok Dewa Kwan Kong yang sedang menunggangi kudanya. Kwan Kong mengenakan jubah dengan membawa tombak bermata pedang yang lengkap dengan panji-panji kebesarannya.

  
Patung Kwan Kong yang indah dan ekspresif itu merupakan salah satu dari sembilan patung yang ada di bangunan Sembilan Gada Suci di Kelenteng Kwan Sing Bio di kota Tuban - Jawa Timur.Bangunan ini tepat berada di di bagian belakang bangunan kelenteng utama.


Sedangkan Patung-patung lainnya menggambarkan sosok Tju Kat Liang,Bang Thong, Hoat Tjeng, Kho Tjing, Thio Hwie, Tio Tju Liong, Oei Tiong dan Ma Tjauw.


Patung-patung Kwan Kong dengan para penasehat dan pembesar kerajaan itu tampak indah karena penggarapannya yang detail dan artistik.


Begitu pula dengan berbagai ornamennya. Karena keindahannya itu, bangunan Sembilan Gada Suci ini sering menjadi lokasi untuk berfoto ria.


Di bagian tengah bangunan ini merupakan tempat untuk menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan Dewa Kwan Kong dan berbagai perlengkapannya. 


Ada juga panji-panji kebesaran, barongsai, liong dan sebagainya.Tetapi untuk patung Dewa Kwan Kong yang dikeramatkan diletakkan di altar dalam bangunan kelenteng utama.


Pada patung Dewa Kwan Kong yang tidak boleh difoto itulah terdapat untaian kalung emas yang pada setiap tahunnya biasanya dilelang untuk penggalangan dana dalam acara Hari Ulang Tahun Kwan Sing Tee Koen ( Kwan Kong )  di kelenteng ini.


Di sekitar bangunan ini terdapat taman yang asri dengan ornamen patung lainnya yang menggambarkan binatang yang menjadi lambang shio dalam budaya Tionghoa. 
 



Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar