Tips Hamil

Rabu, 04 Juni 2014

Candi Tikus Di Bawah Tanah Yang Unik di Trowulan

Candi Di Bawah Tanah, begitulah ungkapan yang diberikan pada Candi Tikus yang berada di daerah Trowulan - Mojokerto. Hal ini karena candi itu dibangun di bawah permukaan tanah sehingga untuk menuju ke candi itu harus dengan menuruni tangga.



Cukup menarik menyimak bentuk dan keadaan Candi Tikus ini yang berbeda jika dibandingkan dengan candi-candi peninggalan masa Kerajaan Majapahit lainnya  yang umumnya bersosok tinggi dan ramping.Selain berada di bawah permukaan tanah, Candi Tikus juga terdapat kolam air di sekitarnya dengan ikannya yang berenang hilir mudik.


Candi Tikus berjarak sekitar 13 km ke arah tenggara dari pusat kota Mojokerto dan berjarak sekitar 600 meter dari situs candi Bajang Ratu.Candi ini sebelumnya  telah terkubur dalam tanah dan ditemukan kembali pada tahun 1914. 


Penggalian situs dilakukan berdasarkan laporan bupati Mojokerto, R.A.A. Kromojoyo Adinegoro, tentang ditemukannya miniatur candi di sebuah pekuburan rakyat. Pemugaran secara menyeluruh dilakukan pada tahun 1984 sampai dengan 1985. 

 

Sedangkan nama ‘ Candi Tikus’ hanya merupakan sebutan yang digunakan masyarakat setempat karena konon, pada saat ditemukan, lokasi candi tersebut  merupakan sarang tikus.


Candi ini dibangun antara abad ke-13 sampai ke-14 M, karena adanya miniatur menara yang merupakan ciri arsitektur pada masa itu. Tetapi masih belum diketahui pasti siapa dan untuk apa candi ini dibangun.



Ada yang beranggapan sebagai tempat pemandian Raja Majapahit dan kerabatnya, tempat pemujaan , tempat pengairan bagi warga Trowulan saat itu dan sebagainya. Tetapi untuk anggapan sebagai tempat pengairan rasanya kurang tepat mengingat bentuk bangunan candi ini yang cukup megah pada masanya.


Yang menarik, selain sebagai tempat wisata, ternyata Candi Tikus juga banyak didatangi oleh para peziarah dengan tujuan tertentu. Mereka biasanya datang dengan membawa bungat setaman dan menaburkannya di kolam sekitar candi.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar