Tips Hamil

Senin, 09 Juni 2014

Eksotisme Tenun Gedog Di Museum Kambang Putih, Tuban


Indonesia kaya akan ragam kain tenun dan batik dengan aneka motifnya yang menawan. Salah satunya adalah tenun  dan batik Gedog yang merupakan kerajinan tradisional yang khas di daerah Tuban - Jawa Timur.


Kain tenun dan batik Gedog ini memiliki motif  klasik dan warna yang khas. Warna itu dihasilkan dari penggunaan pewarna alami seperti kulit pohon, akar tanaman, getah dan sebagainya.

Yang menarik, nama Gedog itu disematkan pada kain jenis ini karena selama proses penenunannya, alat yang digunakan senantiasa berbunyi Dog...Dog..Dog secara berulang-ulang. Begitu pula dengan para perajinnya yang hanya bisa dijumpai di daerah pedesaan di Kecamatan Kerek yang berjarak sekitar 30 km ke arah barat dari pusat Kota Tuban.


Saat ini sudah semakin jarang perajin yang membuat tenun dan Batik Gedog secara klasik karena proses pembuatannya yang cukup lama dan rumit. Untuk selembar kain tenun dan batik gedog itu bisa selesai dikerjakan selama berbulan-bulan. Itupun dengan catatan mereka tidak terganggu dengan saat bertanam atau panen di ladang atau sawahnya. 


 

Berkaitan dengan tenun dan Batik Gedog ini kita bisa menyimak koleksi museum tentang peralatan yang digunakan untuk menenun dan membatik Gedog lengkap dengan contoh kain-kain bermotif Gedog secara klasik.  


Koleksi yang ditata dalam vitrin ( Etalase kaca )  itu ditampilkan di Museum Kambang Putih yang berlokasi di pusat kota Tuban. Peralatan itu diantaranya adalah benang lawe yang terbuat dari serat kapas, canting, malam, tungku, kain tenunan polos, kain batik polos dan kain batik yang sudah diwarnai.


Karena begitu lamanya proses pembuatan kain tenun batik Gedog itu dan langkanya para perajin yang membuatnya, tak heran jika harga selembar kain tenun Gedog dengan motif klasik bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.





Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar