Tips Hamil

Rabu, 18 Juni 2014

Relief Kala Mata Satu Di Museum Majapahit

Relief yang berupa ornamen Kala biasanya menggambarkan sosok raksasa dengan wajah yang sangat menyeramkan. Selain matanya yang melotot, juga dengan mulutnya yang lebar dan giginya yang bertaring tajam.


Tetapi relief yang satu ini tampak berbeda. Tak ada kesan sosok raksasa yang seram seperti yang biasa terdapat pada relief-relief Kala lainnya. Bentuknya lebih mirip dengan ornamen ukir-ukiran dengan bulatan-bulatan kecil di bagian tengahnya yang artistik.
 

Begitulah, gambaran relief  Kala Mata Satu yang merupakan koleksi di Museum Majapahit  di daerah Trowulan , Mojokerto - Jawa Timur. Relief yang unik itu ditempatkan pada bagian belakang museum bersama dengan koleksi aneka arca dan relief lainnya.



Relief Kala Mata Satu itu memang jarang dijumpai. Tetapi di candi Bajang Ratu yang berjarak sekitar 2 km dari Museum Majapahit, Relief Kala Mata Satu menjadi ornamen hiasan pada atap bagian atas sisi tengah dan sudut-sudutnya.

 

Selain relief Kala Mata Satu, di sekitarnya juga terpajang aneka bentuk relief Kala. Ekspresi dan ornamennya pun berbeda karena berasal dari berbagai daerah. 


Relief  Kala seperti itu biasanya menjadi ornamen penghias pada bangunan candi , situs atau bangunan kuno lainnya.


Keberadaan  aneka ragam Relief Kala itu menjadi salah satu daya tarik sejarah dan budaya pada masa lampau di Museum Majapahit.    




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar