Tips Hamil

Selasa, 10 Juni 2014

Mimi dan Mintuna Yang Aneh di Pelabuhan Brondong, Lamongan



Mimi dan Mintuna adalah sebutan untuk hewan laut yang sejenis dengan kepiting atau ketam. Mimi untuk jenis kelamin betina dan Mintuna untuk yang jantan.Sosok hewan itu mempunyai  bentuk yang aneh dan seram seperti monster dengan ekor yang kaku dan tajam. 



Pada bagian luarnya terdapat cangkang yang cukup keras dan berbentuk seperti piring yang terbalik dan retak. Duri yang tajam berderet di tepi cangkangnya.Sedangkan pada bagian dalamnya terdapat bentuk seperti kalajengkin besar dan berwarna coklat kehijauan dengan ditumbuhi bulu-bulu yang halus.


  

Saya menjumpai Mimi itu di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong di daerah Brondong – Lamongan. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan besar  dan penyedia suplai perikanan di nusantara. Berjarak sekitar 300 meter dari jalur raya Daendels, menjadikan lokasi pelabuhan ini mudah diketahui dan dituju.



Aktifitas perikanan di pelabuhan ini dengan para karyawan pelabuhan ,nelayan, pedagang besar dan para pembeli dilakukan dua kali yaitu pada pagi hari dan siang hingga sore hari.


Karena langsung di pusatnya, tentu harga hasil laut yang dijual di sana lebih murah jika dibanding dengan harga di pasaran.


Selain Mimi yang ditawarkan dengan harga Rp 50.000 untuk empat ekor itu, di pelabuhan ini juga tersedia aneka jenis ikan dan hasil laut lainnya dalam berbagai ukuran.  Seperti  kerang, gurita, cumi-cumi, lobster, ikan hiu dan sebagainya.

 


Yang menarik, ada juga hewan laut yang dikenal dengan nama Udang Meong. Sepintas bentuk dan warnanya seperti udang tapi ukurannya lebih besar. Karena bentuknya yang juga seperti lobster, ada pula yang menyebutnya sebagai udang lobster.

 

Untuk udang lobster ini ditawarkan dengan harga Rp 25 ribu per  ‘ piring ‘ isi sekitar 10 ekor dan Rp 50.000 jika membeli tiga ‘ piring ‘ udang lobster. Tampak ada cukup banyak orang yang tertarik membeli udang lobster itu.



Tak kalah menariknya adalah adanya salah satu pedagang yaitu Ibu Hj. Muanah dengan nama usahanya Cumi Jaya  yang sudah lebih dari  dua puluh tahun khusus berdagang hasil laut seperti cumi-cumi , gurita, sotong dan sejenisnya dalam berbagai ukuran.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar