Tips Hamil

Selasa, 03 Juni 2014

Jejak Situs Pemukiman Kerajaan Majapahit Di Trowulan


Sepintas, tak ada yang istimewa dengan reruntuhan bangunan itu. Selain tampak lubang-lubang dalam bentuk kotak, di sana juga ada banyak batu bata yang berserakan. Ada juga gentong yang sudah tidak utuh lagi karena pecah.



Tetapi siapa sangka jika reruntuhan bangunan itu merupakan benda yang sangat berharga dan tidak ternilai. Hal ini karena, reruntuhan itu merupakan situs yang bersejarah karena merupakan kawasan pemukiman pada masa Kerajaan Majapahit.
 

Keberadaan situs pemukiman itu menjadi pelengkap di antara banyaknya benda yang berkaitan dengan sejarah Kerajaan Majapahit seperti candi, arca, relief, ornamen, prasasti dan sebagainya.



Saya menjumpai situs pemukiman masa Kerajaan Majaphit itu di dalam kawasan Museum Majapahit di Trowulan - Mojokerto , Jawa Timur. Situs itu berada di halaman luar bagian belakang dan samping museum ini dengan dinaungi bangunan semacam anjungan yang terbuat dari perpaduan besi dan kayu dengan atapnya yang seperti tenda.


Kita bisa menyimak keindahan situs pemukiman itu dari bagian bawah atau dari bagian atas dengan naik anjungan sebanyak 5 unit  itu. Setiap unit anjungan menaungi setiap bagian situsnya yang cukup luas.


Tampak pada setiap situs itu reruntuhan batu bata yang banyak diantara masih tertata utuh dalam formasi tertentu. Ada juga lubang-lubang besar yang berbentuk kotak dan jika melihat bentuknya seperti pondasi rumah.


Di sekitar lubang itu selain ada tumpukan batu bata, juga terdapat tatanan batu-batu kecil yang rapi dan juga dalam formasi kotak. Untuk formasi batu-batu kecil itu mungkin berfungsi seperti lantai agar tidak becek.



Decak kagum saya seakan terucap tiada hentinya saat menyimak situs kuno itu. Tetapi sayang karena kenyamanan saya dan pengunjung lainnya agak terganggu karena beberapa bagian dari anjungan itu ada yang perlu perhatian dari pihak-pihak terkait dan segera diperbaiki.


Misalnya saja kayu sebagai lantai anjungan ada banyak yang sudah lapuk dan berlubang. Sehingga terasa cukup mengegangkan dan perlu ekstra hati-hati saat melewatinya. Ada juga besi-besi anjungan yang tampak berkarat.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar