Tips Hamil

Senin, 02 Juni 2014

Mitos Siluman Buaya Putih Di Gua Srunggo , Tuban


Ada banyak gua di daerah Tuban - Jawa Timur. Salah satunya adalah Gua Srunggo yang berada di Desa Kedungsari , kecamatan Merakurak. Gua ini berjarak sekitar 10 km arah barat daya dari pusat kota Tuban.


Gua yang satu ini cukup unik dan berbeda. Di sekitar gua terdapat pepohonan yang besar dan rindang yang menghadirkan nuansa cukup seram di sana. 
 

Bongkahan batu jenis Karst yang besar dan tebal seolah melindungi gua itu. Di dalam gua juga terdapat sungai yang cukup besar dan dalam yang dihuni oleh beberapa jenis ikan dan jutaan ekor kelelawar.


Saat saya berkunjung ke sana belum lama ini pada sore hari, suasana seram sangat terasa sekali. Terlebih dengan adanya mitos yang berkembang di warga setempat tentang adanya makhluk gaib penjaga gua Srunggo.



Makhluk gaib itu berwujud siluman Buaya Putih dan berukuran cukup besar dan panjang. Pada hari-hari tertentu, siluman Buaya Putih itu terkadang keluar dari dalam gua dan menampakkan wujudnya. Dalam mitos itu juga menuturkan bahwa siluman buaya Putih itu menjaga harta karun berupa emas dan pusaka yang pada lorong tertentu dalam Gua Srunggo. 



Biasanya air dari gua Srunggo digunakan oleh warga setempat untuk mandi dan mencuci. Ada bongkahan batu besar yang seolah menjadi penyekat antara tempat mandi dan mencuci bagi kaum pria dan wanita.



Tetapi entah karena saya datang ke sana terlalu sore, hanya ada satu pria berusia lanjut yang tengah mandi di sungai itu. Pria itu mengatakan untuk kedalaman air sungai di bagian luar Gua Srunggo mencapai sekitar 1,5 meter. Tetapi untuk yang berada di dalam gua tentu lebih dalam lagi, walau belum ada yang berani masuk ke sana. 


Saat saya sedang asyik memotret suasana di dalam gua Srunggo, tak disangka tiba-tiba ada jutaan ekor kelelawar yang keluar dari dalam gua. Saya pun segera keluar dari dalam gua menghindari serbuan kelelawar  itu yang biasa menjatuhkan kotoran-kotorannya saat terbang.



Dengan perasaan yang masih berdebar, saya terpana menyaksikan indahnya atraksi kelelawar-kelelawaar di Gua Srunggo dengan mitos Siluman Buaya-nya itu.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com







2 komentar: